salesmazda.co.id – Pabrikan mobil asal Jepang, Mazda Motor Corporation, genap berusia 100 tahun di 2020 ini.

Mazda awalnya didirikan oleh Jujiro Matsuda tahun 1920 dengan nama Toyo Cork Kogyo Co. Ltd.

Uniknya, saat awal didirikan, Mazda merupakan perusahaan pembuat gabus untuk tutup botol wine dan minuman anggur lainnya.

Enam tahun kemudian, tepatnya pada 1927, perusahaan mulai mengganti identitasnya, dimulai dari mengubah nama menjadi Toyo Kogyo Co. Ltd.

Bukan cuma nama, tapi fokus perusahaan juga berubah dengan mulai menghadirkan kendaraan untuk operasional bisnis mereka.

“Tepat pada 1931, produksi pertama kendaraan Mazda merupakan pikap 3-roda dengan nama Mazda Go. Ini terus berlanjut sampai pada akhirnya Jujiro dinobatkan sebagai bapaknya Mazda hingga kini,” ujar Head of Department Public Relations and Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Fedy Dwi Parileksono, Rabu (11/11/2020).

Fedy melanjutkan, saat itu Mazda dibantu Mitsubishi untuk memasarkan kendaraan tersebut.

Kedua perusahaan, Mazda dan Mitsubishi berbagi tugas dalam memasarkan Mazda Go, Mitsubishi menjadi distributor, sementara manufaktur ditangani Mazda.


Mazda Go kendaraan pertama yang di buat oleh Mazda

Mazda Go merupakan kendaraan pertama yang diproduksi Mazda (Kompas.com)

“Kita ketahui 1945 ada peristiwa bom atom Hiroshima-Nagasaki. Mazda Go turut berjasa membantu memulihkan kembali kota Hiroshima,” sebut Fedy.

Lompat ke tahun 1960, Mazda akhirnya mulai memproduksi kendaraan roda empat pertamanya, yakni R360 Coupe.

Sejak saat itu, mobil-mobil Mazda terus bermunculan, hingga di tahun 1967 Mazda meluncurkan model 110S atau Mazda Cosmo Sport yang dibekali dengan mesin rotary.

“Mazda identik dengan mesin rotary. Semua itu dilakukan 1967. Mazda memperkenalkan 110S Mazda Cosmo”.

“Memang, mesin rotary bukan Mazda yang pertama memperkenalkan. Tapi Mazda berjasa untuk mempopulerkannya,” lanjut dia.

Singkat cerita, Mazda terus melakukan pelebaran sayap, sampai pada 1971, perusahaan mendirikan Mazda Motor of America.

Empat tahun kemudian, tepatnya pada 1975, barulah muncul logo pabrikan untuk kali pertamanya.

Di 1987, lahir salah satu mobil legendaris Mazda yang cukup digemari para pecinta kendaraan sport, yakni RX-7 dengan mesin rotary.

Setelah itu, pada 1989 lahir Mazda MX-5 yang amat ikonik sebagai roadster.

“Teknologi Mazda terus berkembang seiring dengan masuknya pabrikan ke Indonesia. Singkat cerita, pada 2012 mulai diperkenalkan teknologi baru yaitu SKYACTIV sekaligus dikenalkan CX-5 sebagai crossover yang menggunakan KODO desain,” ucap Fedy.

“Tahun 2019, Mazda mulai 7th Generation melalui All-New Mazda3. Sudah 100 tahun Mazda berkiprah di otomotif sehingga bisa dikatakan pabrikan ini telah berpengalaman. Jadi, segala bisnis dan produknya tidak sembarangan,” kata Fedy.

Kini, dalam merayakan 100 tahun anniversary mereka, Mazda Indonesia meluncurkan Mazda3 100 th Special Anniversary Edition.

Mobil ini hanya dijual sebanyak 20 unit di Indonesia, dibanderol Rp 533,8 juta OTR DKI Jakarta. Untuk informasi selengkapnya hubungi dan kunjungi www.salesmazda.co.id atau kunjungi Mazda Bogor untuk mendapatkan informasi lengkap

Untuk informasi mengenai Harga mazda, promo mazda, test drive mazda dan pemesanan mazda hubungi www.salesmazda.co.id. Percayakan pembelian Mobil Mazda anda kepada kami.

Sumber : GridOto.com

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut