salesmazda.co.id – Sejarah 7 Logo Mazda – Logo merupakan keharusan yang menjadi identitas perusahaan di zaman sekarang. Apalagi perusahaan otomotif yang produknya akan selalu terlihat di jaan raya, logo pada mobil atau motor menjadi identitas pabrikan bahkan menjadi prestise bagi pemilik kendaraan tersebut. Setiap perusahaan memberi arti penting pada logonya, bisa berdasarkan sejarah pendirian, visi-misi, kultur perusahaan dan lain sebagainya.

Sebagaimana logo perusahaan otomotif lainnya, Mazda juga memiliki sejarah panjang yang menarik terkait perubahan logonya, karena beriringan dengan transformasi perusahaan selama sekitar 100 tahun, hingga menjadi salah satu brand ternama yang prestisius di seluruh dunia.

Sejarah Nama Mazda

Awalnya perusahaan didirikan oleh Jujiro Matsuda dengan nama Toyo Cork Kogyo Co Ltd pada tahun 1920, di Kota Hiroshima, Jepang. Perusahaan tersebut memproduksi peralatan mesin, kemudian beralih ke produksi mobil pada tahun 1931. Nama Mazda awalnya adalah nama kendaraan pertama yang dibuat perusahaan ini, yaitu Mazda-Go, berupa truk 3-roda.

Menurut situs resmi Perusahaan CarMaker tersebut, nama Mazda diinspirasi oleh Dewa Cahaya pada kepercayaan Zoroaster yang bernama Ahura Mazda. Sehingga diharapkan nama tersebut memberi citra yang cerah. Selain itu, Matsuda sebagai nama sang pendiri Perusahaan juga menjadi salah satu inspirasi.

Sejarah Perubahan Logo Mazda

Total ada 7 logo yang pernah diluncurkan selama sekitar 1 abad eksistensi perusahaan produsen mobil ini. Kini Mazda telah menjadi salah satu brand mobil prestisius yang dianggap selevel dengan Mercedez-Benz dan BMW dari Jerman. Sehingga Mazda sering disebut sebagai BMW-nya Jepang.

Pada awal berdirinya perusahaan, belum ada logo yang menjadi identitas perusahaan tersebut. Logo pertama dihadirkan sejak kendaraan pertama diproduksi dan dipasarkan pada tahun 1934. Berikut alur perubahan Logo Mazda berdasarkan urutannya:

1934

Ini adalah identitas pertama perusahaan yang awalnya hanya sebagai logo di surat resmi perusahaan. Logo ini kemudian digunakan sejak debut kendaraan pertama, Mazda-Go, truk 3-roda yang kemudian terkenal di zamannya.

1936

Logo pertama hanya bertahan selama 2-tahun. Kemudian Mazda mengeluarkan logo baru yang diinspirasi oleh kota Hiroshima, berupa triple ‘M’ dengan sayap. Hurup M merupakan representasi dari huruf awal na perusahaan, sedangkan sayap menjadi indikasi dari kecepatan dan kelincahan mobil mereka serta visi untuk mendapatkan popularitas yang melonjak. Logo ini cukup lama bertahan, hingga digunakan selama 23 tahun.

1959

Pada tahun 1959, Mazda mengganti logonya dengan tidak menyisakan bentuk dari logo sebelumnya. Berupa huruf M di dalam lingkaran yang merepresentasikan matahari, sebagai lambang kebanggan Jepang. Perubahan logo ini menjadi penanda sejarah dimana Mazda meluncurkan mobil penumpang pertamanya.

1975

Enam belas tahun kemudian, Mazda kembali mengganti logonya, yaitu pada tahun 1975. Mungkin mengikuti tren di masa itu yang menulis lengkap nama merek sebagai logo. Mazda menjadikan Letter-mark MAZDA sebagai logo selama 16 tahun juga. Tulisan MAZDA tersebut adalah font bergaya yang digunakan hingga sekarang sebagai elemen intrinsik dari identitas visual perusahaan, yaitu tulisan yang kita temui menyertai logo resmi Mazda.

1991

Bentuk simbol berupa logo kembali dihadirkan oleh perusahaan ini pada tahun 1991, yaitu bentuk seperti berlian yang menampilkan citra matahari, sayap, dan lingkaran cahaya. Logo inilah yang kemudian berevolusi beberapa kali hingga menjadi logo Mazda yang kita kenal hari ini.

1992

Logo 1991 hanya bertahan satu tahun karena kemiripannya dengan logo Renault, yang juga berbentuk pola berlian. Mazda merevisi logo tersebut pada tahun 1992 dengan menghilangkan sudut tajam pada sisi kiri dan kanan berlian. Logo tersebut masih membawa unsur-unsur matahari, lingkaran cahaya, dan bentuk sayap.

1997

Logo Mazda yang kita lihat hingga tahun 2020 saat ini diluncurkan pada bulan Juni 1997. Logo tersebut terlihat modern dan penuh kreativitas, layaknya logo-logo produsen mobil pada zaman sekarang dengan lekukan indah dan warna krom yang membawa nilai kemewahan.

Logo tersebut tetap menampilkan identitas nama perusahaan dengan huruf ‘M’. Juga tetap dengan unsur sayap seperti huruf ‘V’ menunjukkan ambisi untuk selalu berkembang dan memperluas bisnisnya. Juga tetap mengusung bentuk lingkaran yang mempresentasikan matahari, sebagai lambang khas Jepang.

Dengan tidak merubah logonya, Mazda memperkenalkan filosofi dengan tagline ‘Zoom-Zoom‘ pada tahun 2000. Ini mengungkapkan etos ‘emotion of motion‘ yang terintegrasi ke dalam kendaraan yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.

Kemudian pada tahun 2008, Mazda memunculkan identitas visual global baru. Makeover tersebut juga tidak merubah simbol merek tetapi merangkul grafis ‘Dynamic Wing‘ dan menampilkan kata Zoom-Zoom. Kemiringan huruf yang baru mewakili sifat yang berani, inovatif, dan eksklusif dari tujuan dan prinsip-prinsip perusahaan.

Itulah makna dan sejarah perubahan Logo Mazda sejak awal berdirinya perusahaan hingga saat ini (2020). Menurut pabrikan mobil premium Jepang tersebut, logo yang digunakan sekarang adalah perwujudan dari keunggulan brand dan upaya mereka untuk menghadirkan produk-produk inovatif bagi konsumen di seluruh dunia.

Untuk anda yang menginginkan memiliki Mazda dan butuh informasi, anda bisa login ke web resmi Mazda www.salesmazda.co.id dan semua informasi Mazda baik Mazda Jakarta, Mazda Bogor, Mazda Cibubur, Mazda Depok dan Mazda Tangerang akan kami layani.

Sumber : carusermagz

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut